bank

Pengertian Bank

Pengertian Bank – Menurut undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan, bank adalah suatu badan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Kemudian dana itu kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Ketika berbicara mengenai Bank, tentu kita akan membahas juga mengenai simpanan. Simpanan adalah dana masyarakat yang dipercayakan kepada bank yang berupa tabungan, giro, deposito berjangka dan simpanan dalam bentuk lainnya.

Merujuk pada definisi yang telah disebutkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bank didirikan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak, bukan hanya untuk sekelompok golongan saja. Siapapun orangnya memiliki hak yang sama untuk menyimpan uang yang dimilikinya di bank. Dan siapapun orangnya, juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank. Akan tetapi tetap dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Fungsi Bank

Menurut Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan, fungsi utama bank adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat. Dalam menjalankan fungsinya, bak berasaskan pada demokrasi ekonomi dengan prinsip kehati-hatian. Pelaksanaan demokrasi ekonomi berlandaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pada dasarnya, fungsi bank dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut:

Bank Sebagai Penghimpun Dana Dari Masyarakat

Dana masyarakat yang disimpan di bank dapat berupa tabungan, deposito berjangka, dan rekening koran atau giro. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis tabungan tersebut.

Tabungan, adalah simpanan biasa yang sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh si pemiliki tabungan. Contoh dari tabungan ini adalah simpedes BRI, Tahapan BCA, Taplus BNI, dan lain sebagainya.

Deposito Berjangka, merupakan tabugan atau simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan setelah jangka waktu tertentu. Biasanya waktu yang digunakan adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.

Giro, adalah simpanan atas nama pemiliki giro dimana penarikannya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan cek, bilyet giro maupun perintah tertulis. Namun, saat ini ada beberapa bank yang memberikan layanan penarikan giro melalui atm.

Bank Sebagai Penyalur Dana Masyarakat atau Pemberi Kredit

Fungsi ke dua dari bank adalah memberikan kredit kepada masyarakat melalui sumber dana yang sumbernya dari modal sendiri, simpanan atau tabungan masyarakat dan melalui penciptaan uang.

Semua orang bisa mengajukan kredit atau pinjaman ke semua bank yang ada di Indonesia. Meskipun begitu, setiap bank memiliki syarat-syarat berbeda yang harus dipenuhi oleh calon peminjam agar memperoleh sejumlah dana pinjaman yang diinginkannya.

Setelah syarat sudah dipenuhi, kemudian bank akan melakukan pertimbangan dengan memperhatikan hal-hal seperti berikut ini.

Kepribadian, Kepribadian calon peminjam menjadi perhatian utama. Apabila pribadinya jelek, misalnya suka menipu, kriminal atau lainnya, maka pihak bank sudah pasti akan menolak permohonan pinjaman yang diajukannya.

Kemampuan, Selanjutnya yang akan menjadi pertimbangan pihak bank adalah kemampuan orang tersebut dalam melunasi pinjaman yang akan diperolehnya. Untuk menentukan kemampuan seseorang dalam melunasi pinjamannya, pihak bank biasanya akan meminta slip gaji Anda sebagai bahan pertimbangan. Bila tidak, biasanya pembukuan lain yang berisi tentang penghasilan calon peminjam dalam satu bulan.

Modal, Bila yang mengajukan pinjaman modal adalah pengusaha, maka bank akan meminta laporan keuangan berupa neraca, laporan laba/rugi dan laporan perubahan modal. Dengan memperhatikan laporan keuangan maka akan diketahui besarnya modal yang akan diperoleh atau didapat oleh peruhasan peminjam modal tersebut.

Jaminan, Sudah barang pasti setiap orang akan meminta jaminan terhadap seseorang yang ingin meminjam sejumlah uang kepada kita. Begitu juga dengan Bank, pihak bank akan meminta jaminan seperti rumah, motor, mobil atau yang lainnya. Pada intinya, yang dapat digunakan sebagai jaminan adalah barang yang memiliki nilai lebih tinggi dari jumlah pinjaman yang akan didapatkan oleh si peminjam.

Kondidi Ekonomi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *