panorama, ekonomi makro, pemandangan, kota, laut, pantai

Pengertian Ekonomi Makro

Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Hal ini dikarenakan adanya kesinambungan perubahan ekonomi Indonesia yang meliputi pertumbuhan ekonomi, kestabilan harga, tenaga kerja, hingga tercapainya keseimbangan neraca. Hal ini tercakup dalam perekonomian makro di Indonesia. Apa itu ekonomi makro di Indonesia? Yuk, disimak penjelasan lebih detailnya.

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi makro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi. Ekonomi makro dikhususkan untuk mempelajari bagaimana cara kerja atau mekanisme perekonomian dalam skala global / skala besar. Ekonomi makro ini juga berkaitan dengan efisiensi penggunaan faktor produksi yang ada pada suatu negara guna menciptakan kemakmuran masyarakat secara maksimal.

Ekonomi jenis ini juga bisa menganalisis tentang produsen secara keseluruhan serta konsumen dalam pengalokasian pendapatan dalam membeli barang/jasa.

Pengertian Ekonomi Makro di Indonesia

Jika dikaitkan dengan ekonomi di Indonesia, ekonomi makro Indonesia merupakan suatu sistem yang menganalisis tentang perubahan ekonomi di Indonesia yang dapat memengaruhi pasar, perusahaan, dan masyarakat. Dengan kata lain, ekonomi jenis ini menjelaskan tentang sistem analisis yang menganalisis bentuk terjadinya perubahan kondisi ekonomi Indonesia demi tercapainya hasil analisis terbaik.

Baca juga: pengertian devisa

Tujuan Ekonomi Makro di Indonesia

Meningkatkan pendapatan nasional

Salah satu tujuan ekonomi makro di Indonesia adalah untuk meningkatkan pendapatan nasional Indonesia. Dengan mengetahui pendapatan nasional Indonesia, pertumbuhan ekonomi negara ini bisa terukur dengan baik. Selain itu, kebijakan-kebijakan ekonomi yang efektif dan efisien dapat meningkatkan pendapatan nasional Indonesia secara signifikan.

Membuka kesempatan lapangan pekerjaan

Tujuan lainnya perekonomian makro di Indonesia adalah kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan. Dengan adanya peningkatan peluang untuk mendapatkan kesempatan kerja, peningkatan kapasitas produksi secara nasional dapat meningkat. Kebijakan makro juga bisa diterapkan di Indonesia agar dapat mengajak para investor untuk menanamkan modal atau berinvestasi sehingga terciptanya lapangan pekerjaan.

Meningkatkan kapasitas produksi secara nasional

Meningkatkan kapasitas produksi secara nasional merupakan tujuan lain dalam perekonomian makro di Indonesia. Kapasitas produksi nasional yang meningkat dapat memengaruhi peningkatan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia. Untuk meningkatkan kapasitas produksi secara nasional, perbaikan situasi investasi dalam negeri bisa memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kapasitas produksi.

Baca juga: pengertian pasar

Mengendalikan inflasi

Salah satu terjadinya inflasi diakibatkan karena terjadinya permintaan terlalu besar terhadap suatu barang/jasa sehingga menyebabkan kenaikan harga. Jika inflasi terjadi, pertumbuhan perekonomian di Indonesia akan terhambat dan berpengaruh pada kenaikan harga barang yang sangat tinggi, peningkatan pengangguran, serta penurunan nilai mata uang.

Penerapan kebijakan makro, seperti politik pasar terbuka, cash ratio, hingga politik diskonto sangat diperlukan untuk mencegah lajunya inflasi.

Menjaga kestabilan ekonomi

Analisis perekonomian makro di Indonesia juga bertujuan untuk menjaga kestabilan ekonomi negara Indonesia. Kestabilan perekonomian sangatlah penting agar para pelaku ekonomi memiliki kepercayaan untuk berinvestasi di Indonesia.

Tercapainya stabilitas perekonomian di Indonesia terjadi ketika variabel ekonomi makro: tingkat permintaan persediaan dan neraca pembayaran seimbang. Penerapan kebijakan-kebijakan ekonomi berupa perbaikan fungsi pasar dan perbaikan di sektor industri, pertanian, keuangan, dan lain-lain harus dilakukan untuk mencapai kestabilan ekonomi.

Baca juga: pengertian uang

Menyeimbangkan neraca pembayaran luar negeri

Tujuan diperlukan adanya analisis ekonomi makro di Indonesia adalah untuk menyeimbangkan neraca pembayaran luar negeri. Neraca pembayaran merupakan rangkuman dari berbagai transaksi, seperti transaksi keuangan antar penduduk baik di dalam maupun di luar negeri, pembelian dan penjualan barang/jasa, dan dana hibah dari negara asing dalam satu periode tertentu.

Neraca pembayaran luar negeri harus seimbang guna menghindari terjadinya defisit neraca pembayaran luar negeri.

Pengertian Ekonomi Makro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *