Pengertian Uang

3 min read

uang, money

Pengertian Uang – Uang merupakan suatu alat yang digunakan dan diterima secara umum oleh masyarakat untuk memperoleh barang atau jasa yang diinginkannya. Saat ini, kita mengenal uang yaitu berupa uang kertas dan juga uang logam.

Pada zaman dahulu, sebelum adanya uang, seseorang melakukan barter untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. Namun yang menjadi permasalahan disini adalah, tidak semua orang membutuhkan barang yang kita miliki. Jika demikian, maka barter tidak dapat dilakukan.

Sebagai contoh, seorang petani yang memiliki beras dan seorang nelayan yang memiliki ikan. Bila petani menginginkan ikan, dan nelayan menginginkan beras, ketika keduanya bertemu maka proses barter dapat dilakukan. Hal ini karena keduanya sama-sama saling membutuhkan.

Proses singkat inilah yang menjadi awal mula munculnya uang sebagai alat tukar yang dapat digunakan secara umum pada suatu wilayah (Negara).

Pengertian Uang Menurut Ahli

Menurut Ensiklopedia Indonesia pada tahun 1984, uang diartikan sebagai segala sesuatu yang digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai, standar daya beli, standar utang, dan garansi menanggung utang.

Menurut Robertson uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang

Rollin G. Thomas berpendapat bahwa uang adalah segala sesuatu yang diterima secara umum untuk membayar pembelian barang dan jasa serta untuk membayar utang.

Jadi, apakah suatu saat uang dapat diganti dengan benda lain? Jawabnya bisa, bila memenuhi syarat berikut:

  • tahan lama,
  • diterima secara umum,
  • bernilai tinggi,
  • dapat ditukar

Dari syarat tersebut, beberapa benda dapat dijadikan sebagai pengganti uang antara lain:

  • emas,
  • berlian
  • perak,
  • logam
  • intan, dan lain sebagainya.

Fungsi Uang

Secara umum, uang memiliki fungsi untuk pembayaran, baik membayar dalam pembelian barang, membayar utang, dan lainnya.

Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa secara umum terdapat dua fungsi uang, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.

Fungi Asli

Uang sebagai alat penukar (Medium of exchange)

Fungsi uang sebagai alat tukar adalah untuk memudahkan terjadinya jual-beli barang. Misalnya seorang nelayan yang membutuhkan beras. Ia tidak harus membawa ikannya kepada petani, atau ke pasar untuk mendapatkan beras. Ia harus menjual ikannya terlebih dahulu, maka uang hasil penjualan ikan tersebut dapat digunakan untuk membeli besar baik dari petani langsung maupun di pasar.

Uang sebagai satuan hitung (Unit of account)

Sebagai satuan hitung, uang berfungsi untuk menunjukan / menentukan nilai barang yang dijual atau yang dibeli. Selain itu, uang juga dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung jumlah kekayaan, jumlah nilai kredit atau pinjaman.

Penggunaan uang sebagai nilai ukur jauh lebih praktis daripada harus membandingkan barang dengan barang.

Fungsi Turunan

Uang sebagai alat pembayaran

Sebagai alat pembayaran yang sah, uang harus dibedakan dengan fungsi uang sebagai alat tukar.

Uang dikatakan sebagai alat tukar apabila konsumen langsung menerima barang dan jasa yang dibelinya setelah melakukan pembayaran. Contohnya ketika membeli TV di toko, konsumen akan langsung memperoleh barangnya setelah mereka membayarnya secara cash.

Sedangkan uang dikatakan sebagai alat pembayaran apabila konsumen tidak langsung menerima barang dan jasa yang diterimanya setelah melakukan pembayaran. Contohnya ketika konsumen membayar sejumlah uang untuk membayar pajak, langganan tv, internet dan lainnya.

Uang sebagai penunjuk harga

Artinya adalah uang digunakan untuk menentukan nilai dari suatu barang tersebut lewat satuan uang. Misalnya harga buku sejarah adalah Rp. 25.000. Angka 25.000 menunjukkan harga buku tersebut.

Uang sebagai standar pembayaran yang ditangguhkan

Dikatakan sebagai alat pembayaran yang dapat ditangguhkan menunjukkan bahwa uang dapat dijadikan sebagai standar pembayaran di masa depan. Misalnya, ketika kita ingin membeli rumah dengan harga Rp. 100.000.000. Akan tetapi saat ini kita tidak memiliki uang tersebut. Maka kita dapat melakukan pembayaran dikemudian hari dengan perjanjian jual beli atau dengan cara kredit.

Uang sebagai alat penyimpan kekayaan

Artinya kita dapat menyimpan uang tersebut apabila kita tidak hendak memakainya dalam waktu dekat. Dan ketika kita ingin menggunakannya, kita dapat memakai uang yang telah kita simpan beberapa waktu lalu. Baik yang disimpan di bank atau disimpan di rumah.

Jenis Uang

uang kertas, indonesia

Jenis uang yang kini beredar dimasyarakat secara umum dibedakan menjadi dua macam, yaitu uang kartal dan uang giral.

Uang Kartal

Merupakan alat pembayaran yang sah dan setiap orang diharuskan menerimanya sebagai alat pembayaran. Di Indonesia, uang kartal dilindungi oleh undang-undang dan dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Pencetakannya dilakukan oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Uang kartal adalah uang yang kita gunakan sebagai alat transaksi sehari-hari. Uang kartal di Indonesia memiliki nilai pecahan terkecil saat adalah Rp. 100. Yang termasuk uang kartal adalah sebagai berikut:

Uang Kertas

Uang kertas dicetak untuk mempermudah orang dalam membawanya. Nominalnya juga beragam, ketika tahun 90an, nominal terkecil uang kertas adalah Rp. 100 namun saat ini, nominal terkecil dari uang kertas ini adalah Rp. 1.000. Laju inflasi yang pesat membuat lonjakan nilai rupiah makin melemah.

Uang Logam

uang logam, emas,

Adalah uanag yang dicetak menggunakan logam. Uang ini dikhususkan untuk nominal kecil. Saat ini, pecahan terkecilnya adalah Rp. 100. Penggunaan uang logam ini pada umumnya, dipakai untuk telepon umum, dan lainnya dengan nominal yang kecil.

Akan tetapi, pernahkah kalian ketahui bahwa pada tahun 1990an, Bank Indonesia pernah mengeluarkan pecahan uang logam yang terbuat dari emas dengan nominal Rp. 125.000, Rp. 250.000, Rp. 300.000, Rp. 750.000 dan Rp. 850.000

Uang Giral

Adalah bentuk abstrak dari uang dan sifatnya bertolak belakang dengan uang kartal yang konkret. Uang giral tergolong jarang digunakan oleh masyarakat umum, uang giral ini biasanya digunakan oleh konglomerat untuk menggaji karyawan, atau uang simpanan, uang kredit, uang pembukuan.

Uang giral adalah simpanan uang dari seseorang di suatu bank dalam bentuk giro yang dapat diambil sewaktu-waktu. Uang giral dapat berbentuk cek, bilyet giro dan pemindahan telegrafis. Lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini.

Cek

Cek merupakan surat perintah pembayaran dari nasabah kepada banknya atas sejumlah uang yang tertera pada selembar cek kepada si pembawa cek.

Siapapun bisa mencairkan cek tersebut bila membawa fisik cek tersebut dengan rapi. Biasanya, pihak bank akan menolak untuk mencairkan dana yang tertera di cek tersebut apabila cek tersebut, sobek, tertekuk atau lecek. Entah karena alasan apa.

Cek dikeluarkan bukan berdasar atas nama seseorang, dan pencairan cek hanya bisa dilakukan di bank yang mengeluarkan cek tersebut. Jadi kalau Anda mencairkannya di lain bank, kemungkinan besar bank tersebut akan menolak mencairkannya.

Pengertian Bank

Admin
1 min read

Pengertian Ekonomi Makro

Admin
1 min read

Pengertian Ekonomi Mikro

Admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *